Museum Mainan Anak Kolong Tangga : Bermain dan Belajar

Pernahkah anda mendengar tentang museum anak kolong tangga ini? Namnya memang agak sedikit unik dan menarik, namun dibalik keunikan nama yang dimiliki tempat wisata ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan disni. Salah satunya adalah untuk media pembelajaran bagi sikecil. Ya, sesuai dengan namanya, museum ini memang dititik beratkan untuk para anak yang datang berkunjung.

Lokasi Museum Anak Kolong Tangga

Lokasi Museum Anak Kolong Tangga ini tepat diantara Pasar Buku Bekas Jogja dan Taman Pintar. Bahkan jika anda ada di Maliboro, maka anda bisa melakukan perjalanan kesini hanya berjalan kaki dalam beberapa menit. Museum anak kolong tangga ini memiliki setidaknya 400 buah koleksi dari beragam mauan dan memiliki bergam warna yang akan sangat menarik bagi anak-anak. Mainan yang dipamerkan disni adalah beragam mainan tradisional. (Baca juga: Wisata Puncak Kasakora)

Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga

Pastinya anda bertanya, mengapa mainan tradisional yang menjadi pilihan pameran di muesum anak-anak ini? Ya, karena pendiri dan perawat dari museum anak jogja ini menginginkan para anak tetap mengetahui warisan buda berupa mainan tradisional yang pernah ada. Banyak yang menyakini bahwa mainan pada zaman dahulu lebih baik dan penuh dnegan adnaya pesan moral yang tersirat. Inilah mengapa anak-anak zaman sekarang diharapkan tetap mengetahui dna mengenali sejarah permainan tempo dulu.

Mengapa Didirikan Museum Anka Kolng Tangga?

Alasannya simpel dan telah kita singgung diatas. Karena mereka mengharapkan anak-anak tetap mengetahui warisan budaya bangsa dan tetap bisa mepelajari sekaligus mengenali beragam permainan dan alat-alat yang digunakan anak-anak zaman dahulu untuk bermain. Disini tidak hanya berntuk permainan yang akan disajikan namun juga bagaimana cara memainkannya dan peraturan permainan.

Bukan hanya mengenalkan pada anak-anak akan sejarah beragam jenis permainan tempo dulu, pihak museum juga ingin menyampaikan sebuah pesan berarti bagi anak-anak yaitu segala sesuatu yang dirawat dengan baik akantetap bertahan dalam waktu yang lama. Jadi cobadeh kunjungi lokasi museum anak tangga yang ada di jl, Senopati ini atau tidak akan terlalu jauh dari daerah wisata taman pintar. Agar anaka anda bisa mengenali beragam jenis permainan tradisional.

Apabila anda liburan dengan memesan paket wisata jogja ke agen tour yang ada di yogyakarta, museum ini akan selalu buka setiap hari kecuali hari senin dan hari libur nasional dari jam 9 hingga jam 4 sore hari. Museum di Jogja ini sangat terbuka bagi umum, tidak hanya terkusus untuk anak-anak tentunya. Sedangkan untuk informasi harga tiket masuk museum anak kolong tangga ini adalah Rp. 4000 untuk para anak yang masih berusia daiatas 14 tahun sedangkan anak yang berumur kurang dari 14 tahun boleh masuk secara gratis alias tanpa dikenakan biaya masuk. Jika and aingin mengambil foto dimuseum akan dikenakan biaya donasi sebesar Rp. 5.000.

Harga Tiket Masuk Museum Mainan Anak Kolong Tangga

Sedangkan biaya kunjungan yang dilakukan secara berkelompok dimana jumlah maksimal dalam sebuah kelompok adalah 15 orang akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 15.000. Anak anak yang masih dibawah umur sangat dilarang masuk tanpa adanya pendamping mereka. Jadi sebagai orang tua anda berhak dan harus mendampingi anak-anak di dalam museum anak tersebut.

Sayangnya tempat yang terbatas menyebabkan anak-anak serta pengunjung yang beoleh masuk harus secara bertahap atau persesi kunjungan dan biasanya hanya maksimal 20 rang setiap sekali sesi kunjungan dan digantikan pada sesi berikutnya. Didalam anda dan anak tidak diperbolehkan melakukan aktifitas makan dan minum, loh. Jadi sebaiknya baca dan fahami dahulu peraturan masuk di setiap tempat wisata ya.

This entry was posted in Travelling Tips and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.