Cantik dan Seru, Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu

Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan banyak keindahan wisata alam. Salah satu wisata yang cukup populer disana adalah air terjun di Tawangmangu. Tempat wisata ini memiliki air terjun yang sangat keren dan cantik yaitu Grojogan Sewu.

Tawangmangu terletak di lereng Gunung Sewu, Desa sepanjang, kecamatan Tawangmangu, kabupaten Karanganyar. Untuk memasuki kawasan wisata, anda akan dikenai tarif sebesar 15 ribu per orang. Pembelian tiket dapat dilakukan di loket pembelian yang terletak di dekat lokasi parkir.

Untuk sampai di Grojogan Sewu, anda masih harus jalan kaki melalui tangga batu yang sudah tertata rapi disana.

Selama perjalanan menuju air terjun, anda akan menemukan suasana asri penuh dengan kicauan burung serta pemandangan hijau dan menyegarkan. Anda juga akan menemukan kawanan kera yang tengah bermain dan meloncat dari satu pohon ke pohon yang lain. Jumlah kera sendiri cukup banyak namun tidak terlalu jahil seperti halnya di lokasi wisata yang lain.

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Sesampainya di lokasi, anda akan menjumpai jembatan yang menandakan akhir dari perjalanan anda menuju air terjun. Debit air terjunnya sangat deras, sehingga wisatawan dilarang mendekat ke bawah air terjun.

Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu

Keindahan Tawangmangu terletak pada air terjunnya yang mencapai tinggi 81 meter. Nama gerojogan sewu sendiri diambil dari besarnya debit air yang mengucur dari atas tebing. Grojogan sewu juga bisa diartikan dengan pancuran sewu atau ribuan air yang mengalir ke bawah.

Keindahan tempat wisata yang satu ini tentu tidak perlu dipertanyakan lagi dan sangat cocok untuk dimasukkan destikasi paket wisata jogja. Apalagi dengan udara yang segar dan sejuk, membuat pengunjung makin betah berlama-lama disana. Kesejukan Tawangmangu bukan tanpa alasan melainkan karena letaknya di dataran tinggi Gunung Lawu yang juga merupakan gunung tertinggi ketiga di Provinsi Jawa Tengah.

Selain menyediakan keindahan alam berupa air terjun, anda juga dapat menemukan waterpark mini untuk anak-anak. Bagi anda yang tertarik mengunjungi Tawangmangu, ada baiknya membawa baju ganti untuk berjaga-jaga jika baju anda basah.

Seperti halnya lokasi wisata yang lain, Grojogan Sewu akan penuh dengan pengunjung pada hari libur. Penting bagi anda untuk memilih waktu berkunjung yang tepat.

Akses Menuju Grojogan Sewu di Tawangmangu

Bagi anda yang berkendara dari Semarang, anda dapat mengambil rute menuju kota Solo terlebih dahulu. Untuk selanjutnya kendarai transportasi anda menuju jalan ke arah Tawangmangu. Sesampainya di Tawangmangu, akan banyak petunjuk jalan yang sengaja disiapkan bagi para pendatang.

Untuk sampai di Grojogan Sewu Tawangmangu, anda bisa mengendarai kendaraan pribadi atau bahkan transportasi umum. Wisata Tawangmangu sendiri dibuka sampai pukul 16.00 WIB.

Hal penting yang perlu diingat saat menuju ke lokasi adalah persiapkan kendaraan dengan baik. Perjalanan menuju wisata merupakan jalan yang menanjak serta jalan yang berkelok-kelok. Penting bagi anda untuk menyiapkan kendaraan agar tetap dalam kondisi baik ketika menuju wisata.

Wisata di dekat Tawangmangu

Selain paket wisata jogja di Grojogan Sewu, masih ada beberapa wisata populer lainnya di Tawangmangu. Salah satunya adalah Kebun Teh Kemuning. Berada di kebun teh, anda akan menemukan suasana asri dan sejuk yang tidak kalah dengan Air Grojogan Sewu. Berada di sini, anda akan dimanjakan dengan pemandangan serba hijau dari tanaman teh yang terhampar sangat luas.

Akses menuju lokasi wisata sendiri dapat dilakukan dengan kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Selain kebun Teh Kemuning, ada juga Air Terjun Jumog yang siap memanjakan mata para wisatawan. Semenjak dibuka pada tahun 2004 yang lalu, wisata Jumog semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan.

This entry was posted in Travel and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.